Kamis, 08 November 2012

GUI AWT pada Java


Kali ini saya akan share ilmu tentang java. Pada umumnya java itu juga ada yang namanya GUI ( Grapchical User Interfaces) itu terbagi banyak sekali diantaranya ada java GUI AWT, SWT, Swing ,dan lain sebagainya. kali ini saya akan membuat atau menerapkan java berbasis GUI AWT yaitu menggambar dengan  java GUI AWT. AWT adalah Java yang setara dengan Microsoft Windows Common Control Library atau Motif widget toolkit. Ini termasuk pendukung untuk pemrograman grafik sederhana serta sejumlah komponen seperti tombol, menu, daftar, dan kelas check box .Nah sekarang langsung saja kita lihat coding di bawah ini : 



package tes_jeni;

import java.awt.*;
import java.awt.event.*;
import javax.swing.*;

public class awt extends JFrame {
private int pointCount = 0;
private Point points[] = new Point[1000];

public awt () {
super ("SILAHKAN Menggambar");

getContentPane().add(new JLabel("Klik Kanan Mouse Untuk Gambar"), BorderLayout.SOUTH);

addMouseMotionListener (
new MouseMotionAdapter() {
public void mouseDragged (MouseEvent e) {
if (pointCount < points.length) {
points[pointCount] = e.getPoint();
++pointCount;
repaint();
}
}
}
);

setSize (300,150);
setLocationRelativeTo(null);
setVisible(true);
}

public void paint (Graphics g) {
super.paint(g);
for (int i = 0; i < points.length && points[i] != null; i++) {
g.setColor(Color.red);
g.fillOval (points[i].x, points[i].y, 4,4);
}
}

public static void main (String args[]) {
awt test = new awt();
test.setDefaultCloseOperation(JFrame.EXIT_ON_CLOSE);
}
}

0 komentar:

Posting Komentar