Memahami Konteks Polimorfisme Di Java

Polimorfisme bias diartikan seperti kemampuan suatu variable untuk mengubah perangai sesuai dengan objek hasil instansiasi yang digunakan.

Mengerti JAVA GUI

Java GUI mendukung pembangunan melalui Abstract Windowing Toolkit, atau AWT. AWT adalah Java yang setara dengan Microsoft Windows Common Control Library atau Motif widget toolkit.

Aplikasi Menentukkan bilangan Positif dan Negatif di Netbeans

Pada kesempatan kali ini saya akan memberi cara untuk membuat program MENGHITUNG JUMLAH BILANGAN BULAT DAN PECAHAN DARI ANGKA YANG DI INPUT USER menggunakan Netbeans.

Sedikit Ilmu Mengenai Jaringan

Jaringan computer adalah peralatan Hardware atau Software untuk menyambungkan antar computer untuk berbagi data dan lain sebagainya..

Pemaksimalan Fitur Merge di Excel

Cara Menggunakan Fitur Mail Merge di Microsoft Word 2007 - Kegiatan Surat Menyurat dan Pembuatan Laporan, untuk Operator Sekolah (baca : Tata Usaha Sekolah) adalah bagian dari tugas rutin

Kamis, 08 November 2012

GUI AWT pada Java


Kali ini saya akan share ilmu tentang java. Pada umumnya java itu juga ada yang namanya GUI ( Grapchical User Interfaces) itu terbagi banyak sekali diantaranya ada java GUI AWT, SWT, Swing ,dan lain sebagainya. kali ini saya akan membuat atau menerapkan java berbasis GUI AWT yaitu menggambar dengan  java GUI AWT. AWT adalah Java yang setara dengan Microsoft Windows Common Control Library atau Motif widget toolkit. Ini termasuk pendukung untuk pemrograman grafik sederhana serta sejumlah komponen seperti tombol, menu, daftar, dan kelas check box .Nah sekarang langsung saja kita lihat coding di bawah ini : 



package tes_jeni;

import java.awt.*;
import java.awt.event.*;
import javax.swing.*;

public class awt extends JFrame {
private int pointCount = 0;
private Point points[] = new Point[1000];

public awt () {
super ("SILAHKAN Menggambar");

getContentPane().add(new JLabel("Klik Kanan Mouse Untuk Gambar"), BorderLayout.SOUTH);

addMouseMotionListener (
new MouseMotionAdapter() {
public void mouseDragged (MouseEvent e) {
if (pointCount < points.length) {
points[pointCount] = e.getPoint();
++pointCount;
repaint();
}
}
}
);

setSize (300,150);
setLocationRelativeTo(null);
setVisible(true);
}

public void paint (Graphics g) {
super.paint(g);
for (int i = 0; i < points.length && points[i] != null; i++) {
g.setColor(Color.red);
g.fillOval (points[i].x, points[i].y, 4,4);
}
}

public static void main (String args[]) {
awt test = new awt();
test.setDefaultCloseOperation(JFrame.EXIT_ON_CLOSE);
}
}

Event Handling GUI pada JAVA




  Kali ini  saya akan membahas tentang Event Heandling pada blog sasa ini, semogae bermanfaat dan silahkan dipelajari langsung saja kalu begitu :
Dalam event handling pada Java ada empat bagian penting yang harus diketahui:

  1. Event Object merupakan object yang mendiskripsikan sebuah event yang di-trigger oleh event source.
  1. Event Handler merupakan method yang menerima event object dan melakukan respond yang sesuai dengan event object tersebut.
  1. Event Listener merupakan interface yang akan meng-handle event yang terjadi. setiap type event mempunyai interface yang bersesuaian. Listener tersebut harus diimplementasikan oleh class yang akan meng-handle event
  1. Event Source merupakan pembangkit / trigger sebuah event objects
setiap event object mempunyai  type event yang berbdea beda. sehingga kita harus menentukan type event sebelum menentukan jenis interface listener. karena setiap type event mempunyai jenis interface listener yang bersesuaian.
berikut ini type type event yang ada di Java :
  1. ActionEvent
  1. ItemEvent
  1. WindowEvent
  1. ContainerEvent
  1. ComponentEvent
  1. FocusEvent
  1. TextEvent
  1. KeyEvent
  1. MouseEvent
  1. AdjustmentEvent
Berikut ini Interface Listener
  1. ActionListener
  1. ItemListener
  1. WindowListener
  1. ContainerListener
  1. ComponentListener
  1. FocusListener
  1. TextListener
  1. KeyListener
  1. MouseListener
  1. MouseMotionListener
  1. AdjustmentListener
Berdasarkan tulisan diatas, setiap type event mempunyai satu jenis interface listener kecuali MouseEvent yang mempunyai dua jenis interface listener. dan setiap interface mempunyai method abstract yang harus di override class yang meng-impletasikan interface. event listener dan event handler terdapat pada package java.awt.eventBagaimana event handling dalam Java? ada tiga langkah penting dalam event handling
  1. Deklarasikan class yang akan meng-handle event yang terjadi dan tuliskan code yang menyatakan class tersebut meng-implement interface listener
  1. Event source mendaftarkan sebuah listener melalui method add<type>Listener
  1. Kode yang mengimplementasikan method pada interface listener pada class yang akan meng-handle event. [ Override ]